Masuk Aktif setelah lebaran akan di mulai pada Hari Senin, Tanggal 22 April 2024 Pelaksanaan Haul Al Arif Billah KH Ahmad Muhibban akan dilaksanakan tanggal 12 Syawal / 21 April 2024, bertempat di Halaman PP Miftahul Jannah, disiarkan langsung melalui chanel youtube Al Muhibban Media dan PP Miftahul Jannah Wangkal

Bimbingan dan Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka di MA Miftahul Jannah


MAMJ Wangkal, melaksanakan kegiatan bimbingan dan pelatihan implementasi kurikulum merdeka yang di  bimbing langsung oleh Pengawas Madrasah bapak Solehodin, S.Ag M.Pd, dengan agenda langkah-langkah menyusun dokumen kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP), Penyusunan alur tujuan pembelajaran yang dulu biasa dikenal dengan Silabus, Penyusunan Modul Ajar yang menjadi pengganti istilah RPP, Projek Penguatan Projek Profil Pancasila, dan Asesmen Pada Kurikulum Merdeka. 

Ada beberapa Istilah-istilah dalam Kurikulum Merdeka (Kurmer)  

  • CP (capaian pembelajaran) atau KI yaitu Kompetensi yang harus di capai, dalam hal ini disiapkan oleh pemerintah
  • TP kepanjangan dari Tujuan Pembelajaran, dalam hal ini dikembangkan oleh Guru berdasarkan karakteristik Pembelajaran, Peserta didik, dan lingkungan
  • ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) 
  • Modul Ajar sebagai pengganti istilah RPP
  • P5RA (Projek Pengguatan Profil Pelajar Pancasila - Rahmatal Lil Alamin). tambahan RA merupakan ciri khas kemenag
  • Fase Pembelajaran, yang dibagi menjadi dua Yaitu Fase Pondasi dan Face ABC (kelas Sekolah Dasar 1 - 6)  D (Kelas 7,8,9) E (Kelas 10) F (Kelas 11, 12). Namun hal ini masih berupa wacana dan akan diterapkan di kemudian hari secara bertahap
Tiga Karakteristik Utama Kurikulum Merdeka 
  • Penyederhanaan Konten, Fokus pada materi esensial, sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerisasi 
  • Pembelajaran Berbasis Projek yang Kolaboratif, Aplikatif, dan Lintas Mata Pelajaran, soft skills dan karakter (iman, taqwa, dan akhlak mulia, gotong royong, kebhinekaan global, kemandirian, nalar, kritis, kreativitas)
  • Rumusan capaian pembelajaran dan pengaturan jam pelajaran yang memberi Fleksibilitas untuk merancang kurikulum operasional dan pembelajaran sesuai tingkat kemampuan peserta didik.
P5RA Merupakan kepanjangan dari Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila Rahmatal Lil Alamanin, Kenapa perlu penguatan karena tingkat nasionalisme dan patriotisme sudah banyak menurun, sehingga butuh penguatan bagi peserta didik kita. didalam P5RA ini berisi tentang hal sebagai berikut :
  • Beriman, Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berakhlakul Karimah 
  • Berkebhinekaan Global 
  • Mandiri, Gotong Royong 
Struktur Kurikulum Merdeka MA dibagi dua yaitu 
  • Pembelajaran Intrakurikuler, yakni satuan pendidikan wajib membuka kelompok Mapel Umum dan Minimal 3 Mapel pilihan. Peserta didik wajib mengikuti semua mata pelajaran umum dan mata pelajaran pilihan
  • Pembelajaran Kokurikuler (P5RA), yakni 20-30% total JP.Tahun sesuai Kebutuhan


Pengorganisasian Pembelajaran
  • Instrakurikuler, yakni pembelajaran berisi muatan mata pelajaran dan muatan tambahan lainnya jika ada (mulok)
  • Kokurikuler yakni Projek penguatan profil pelajar pancasila, kegiatan yang dirancang terpisah dari intrakurikuler untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter seusai dengan profil pelajar pancasila melalui tema 
  • ekstrakurikuler, yakni diambil diluar jam intrakurikuler dan kokurikuler
Langkah-langkah penyusunan kurikulum 
  • Menganalisis konteks karakteristik satuan pendidikan yaitu evaluasi jangka panjang empat tahunan.
  • Merumuskan Visi, Misi dan Tujuan, yaitu evaluasi jangka panjang empat tahunan 
  • Menentukan pengorganisasian pembelajaran, yaitu evaluasi jangka pendek Tahunan atau Semester
  • Menyusun Rencana Pembelajaran, Evaluasi jangka pendek Tahunan/Semester 
  • Merancang pendampingan, evaluasi dan pengembangan profesional

Post a Comment

0 Comments